Kamis, 24 April 2014

BAB V Skripsi (efektivitas penggunaan Laboratorium Bahasa dalam meningkatkan kemampuan menyimak bahasa Jerman pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Barru.)



BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data yang telah diuraikan pada bab IV di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan laboratorium bahasa mempunyai pengaruh signifikan yang positif terhadap peningkatan kemampuan menyimak bahasa Jerman siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Barru. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis data yang telah dilakukan, dengan nilai Post-test siswa setelah dilakukan uji-t pada masing-masing kelompok dengan hasil analisis data yaitu th = 9, 05 > tt = 1,999 pada taraf signifikansi 0,05 yang berarti bahwa penggunaan Laboratorium Bahasa efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak bahasa Jerman siswa kelas XI IPS SMAN 1 Barru. Pernyataan ini secara otomatis menjawab pertanyaan yang ada rumusan masalah pada bab I.
B.     Saran
Untuk meningkatkan hasil pembelajaran menyimak bahasa Jerman maka di sarankan:
1.      Pembelajaran menyimak bahasa Jerman dengan menggunakan laboratorium bahasa dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran dalam lingkungan sekolah.
2.      Kepada instansi yang terkait, baik pemerintah maupun swasta khususnya pada bidang pengajaran bahasa asing seperti bahasa Jerman perlu memberikan perhatian khusus terhadap sarana dan prasarana pengajaran bahasa Jerman, khsusnya pada pengembangan laboratorium bahasa sesuai dengan standar mengingat bahasa Jerman merupakan bahasa asing yang baru dan sarana atau fasilitas pengajaran masih kurang.
3.      Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan dan memperkuat hasil penelitian ini dengan melakukan penelitian selanjutnya tentang kemampuan menyimak bahasa Jerman siswa SMA Negeri 1 Barru dengan menggunakan laboratorium bahasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar