BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan
hasil analisis data yang telah diuraikan pada bab IV di atas, dapat disimpulkan
bahwa penggunaan laboratorium bahasa mempunyai
pengaruh signifikan yang positif terhadap peningkatan kemampuan menyimak bahasa
Jerman siswa kelas XI IPS
SMA Negeri 1 Barru.
Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis data yang telah dilakukan, dengan
nilai Post-test siswa setelah
dilakukan uji-t pada masing-masing
kelompok dengan hasil analisis data yaitu th = 9, 05 > tt = 1,999 pada
taraf signifikansi 0,05 yang berarti bahwa penggunaan
Laboratorium Bahasa efektif
dalam meningkatkan kemampuan menyimak
bahasa
Jerman siswa kelas XI IPS
SMAN 1 Barru. Pernyataan ini secara
otomatis menjawab pertanyaan yang ada rumusan masalah pada bab I.
B. Saran
Untuk
meningkatkan hasil pembelajaran menyimak bahasa Jerman maka di sarankan:
1. Pembelajaran
menyimak bahasa Jerman dengan menggunakan laboratorium
bahasa dapat digunakan sebagai alternatif
pembelajaran dalam lingkungan sekolah.
2. Kepada
instansi yang terkait, baik pemerintah maupun swasta khususnya pada bidang
pengajaran bahasa asing seperti bahasa Jerman
perlu
memberikan perhatian khusus terhadap sarana dan prasarana pengajaran bahasa Jerman,
khsusnya pada pengembangan laboratorium bahasa sesuai dengan
standar mengingat bahasa Jerman merupakan bahasa
asing yang baru dan sarana atau fasilitas
pengajaran masih kurang.
3. Untuk
peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan dan memperkuat hasil
penelitian ini dengan melakukan penelitian selanjutnya tentang kemampuan menyimak bahasa Jerman siswa SMA
Negeri 1 Barru dengan menggunakan laboratorium bahasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar