ABSTRAK
HARTATI. 2014. Efektivitas Penggunaan
Laboratorium Bahasa dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Bahasa Jerman Siswa
Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Barru. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
penggunaan laboratorium bahasa efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak
bahasa Jerman siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Barru. Jenis penelitian ini adalah
Ekperimen murni yang pengumpulan datanya melaului tes kemampuan menyimak dengan
menggunakan laboratorium bahasa dan tes tanpa menggunakan laboratorium bahasa. Adapun
teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik inferensial
dengan uji-t. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Barru yang berjumlah132 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel
acak (Random Sampling), terdiri dari
dua kelas, masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa yaitu kelas XI IPS 1 dan
XI IPS 3. Hasil analis data menunjukkan bahwa penggunaan laboratorium bahasa efektif
dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Barru,
dimana terdapat perbedaan kemampuan antara siswa yang menyimak dengan menggunakan
laboratorium bahasa dan kemampuan siswa yang menyimak tidak menggunakan
laboratorium bahasa,
9,05 >
1,999) pada taraf alfa 0,05.
ABSTRAKT
HARTATI. 2014. Die Efektivität das Gebrauch des
Labors im Hörverstehen der Schüler der zweiten Klasse IPS an der SMA Negeri 1
Barru. Skripsi. Fakultät für Sprache
und Literatur. Makassar Staätliche Universität. Das Ziel dieser Forschung war, um
die Efektivität das Gebrauch des Labors im Hörverstehen der Schüler der zweiten Klasse IPS an der SMAN 1 Barru zu
wissen. Diese Forschung war Experimentmethode, die Datensammlung durch
Hörverstehen einen Text das Gebrauch des Labors
und ohne Labors. Für die Datenanalys wurde statistik inferensial
analisiert mit t- Test benutzt. Die Population dieser Forschung war die Schüler
der zweiten Klasse des IPS an der SMAN 1
Barru und die Anzahl der Population war 132 Shüler. Die Sample dieser Forschung
war Random Sampling, das sind zwei
klasse mit jede klasse waren 32 Schüler. Der klasse XI IPS 1 und XI IPS 3 wurde
als Sample festgestellt. Das Forschungsergebnis zeigte, daβ das
Gebrauch des Labors im Hörverstehen der Schüle effektiv war. Es Unterschied zwischen
das Gebrauch des Labors im Hörverstehen und
ohne Labors. Es war (
9,05 >
1,999) auf α 0,05.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar